arindhaayuningtyas

Kekurangan dan Kelebihan Media Komunikasi PR

Posted on: Mei 3, 2012

Seperti kita ketahui, media adalah suatu ‘alat’ yang menghubungkan kita dengan dunia luar. Tanpa media, kita akan sulit mengetahui apa yang terjadi di sekeliling kita. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa media adalah sumber informasi utama bagi semua orang di dunia.

Media dapat digolongkan menjadi tiga menurut jenisnya, yaitu media cetak yang terdiri dari koran, majalah, dll, media elektronik terdiri dari televisi dan radio, dan yang masih tidak jelas statusnya yaitu media online dengan perangkat internet.

Media online juga sering disebut ‘media banci’ karena fungsinya sama – sama dapat digolongkan ke dalam dua media sebelumnya, cetak dan elektronik.

Tiga jenis media tadi juga mempunyai kekurangan dan kelebihannya berdasarkan kecepatan, biaya produksi, ketajaman berita, dll. Kelebihan serta kekurangan ketiga media tersebut adalah:

Media Cetak

Kelebihan :

  • Repeatable, dapat di baca berkali-kali dengan menyimpannya atau menglipingnya.
  • Analisa lebih tajam, dapat membuat orang benar-benar mengerti isi berita dengan analisa yang lebih mendalam dan dapat membuat orang berfikir lebih spesifik tentang isi tulisan.

Kekurangan :

  • Lambat, dari segi waktu media cetak adalah yang terlambat karena media cetak tidak dapat menyebarkan langsung berita yang terjadi kepada masyarakat dan harus menunggu turun cetak. Media cetak sering kali hanya memuat berita yang telah disebarluaskan oleh media lainnya.
  • Tidak adanya audio, media cetak hanya berupa tulisan yang tentu saja tidak dapat didengar.
  • Visual yang terbatas, media cetak hanya dapat memberikan visual berupa gambar yang mewakili keseluruhan isi berita.
  • Produksi, biaya produksi yang cukup mahal karena media cetak harus mencetak dan mengirimkannya sebelum dapat dinikmati masyarakat.

Media Elektronik

Kelebihan :

  • Cepat, dari segi waktu, media elektronik tergolong cepat dalam menyebarkan berita ke masyarakat luas.
  • Ada audio visual, media elektronik mempunyai audio visual yang memudahkan para audiensnya untuk memahami berita.(khusus televisi)
  • Terjangkau luas, media elektronik menjangkau masyarakat secara luas.

Kekurangan :

  • Tidak ada pengulangan, media elektronik tidak dapat mengulang apa yang sudah ditayangkan.

Media Online

Kelebihan :

  • Sangat cepat, dari segi waktu media online sangat cepat dalam menyampaikan beritanya.
  • Audio Visual, media online juga mempunyai audio visual dengan melakukan streaming.
  • Praktis dan Fleksibel, media online dapat diakses dari mana saja dan kapan saja yang kita mau.

Kekurangan :

  • Tidak selalu tepat, karena mengutamakan kecepatan berita yang dimuat di media online biasanya tidak seakurat media lainnya.

Melihat kekurangan dan kelebihan yang dimiliki ketiga media di atas, media online mempunyai keunggulan dalam segi kecepatan. Kecepatan tersebut dapat mengalahkan kedua media lainnya karena audiens sekarang lebih mengutamakan kecepatan dan kemudahan dalam mengakses informasi, dan hal itu dimiliki oleh media online.

Melihat hal ini, prospek media online akan sangat unggul dan dapat mengalahkan kedua jenis media lainnya. Apalagi jika seluruh dunia dapat mengakses internet dengan mudah, otomatis media online akan lebih sering digunakan audiens dibanding kedua jenis media lainnya.

Sebagai sarana penyalur pesan, media komunikasi mempunyai beberapa kekuatan dan kelemahan.

  1. Kelebihan dan Kekurangan Media sebagai Alat

Secara umum komunikasi yang menggunakan media akan mengalami hambatan dalam penerimaan umpan balik (feedback). Umpan balik yang dating akan tertunda sampai proses komunikasi selesai. Sebagai alat, media komuniukasi dibagi menjadi tiga sifat, yaitu:

  1. Media komunikasi yang bersifat hanya dapat didengar (auditif)
  2. Media Komunikasi yang bersifat hanya dapat dilihat (visual)
  3. Media Komunikasi yang dapat didengar sekaligus dapat dilihat (audio visual)
  4. Kelebihan dan Kekurangan Media Massa

Media massa merupakan media komunikasi yang digunakan untuk kegiatan komunikasi massa.

  1. Surat Kabar

Pesan komunikasi yang disampaikan melalui surat kabar diungkapkan dala bentuk huruf-huruf dan gambar-gambar yang tidak bergerak. Kelebihan surat kabar dan media cetak lainnya adalah dapat sdisimpan, didokumentasikan, dikaji ulang, dijadikan bukti otentik.

2. Televisi

Televisi memiliki beberapa kelebihan yaitu memiliki gambar yang hidup tidak seperti surat kabar. Kekurangannya, siaran televise bersifat sepintas lalu kadang-kadang ada gangguan penerimaan sehingga tidak sempurna, perhatian penonton televise tidak dapat dibagi-bagi misalkan sambil kerja, sambil masak, sambil mencuci, dll.

3. Radio

Pesan komunikasi yang disampaikan melalui radio diungkapkan dalam bentuk suara dan bunyi, tidak ada gambar seperti televise. Kelebihannya pesan komunikasi dapat ditata sedemikian rupa dengan efek suara yang tepat sehingga dapat menimbulkan kesan yang diinginkan. Keunggulan lainnya adalah para pendengar radio dapat menikmati siaran radio sambil mengerjakan pekerjaan yang lain.

4. Film

Film yang dimaksud di sini adalah film yang ditayangkan di gedung bioskop. Kelebihan media film selain memiliki gambar dan suara, juga penggunaan gedung khusus yang dapat ditata untuk menimbulkan efek tertentu. Kekurangannya komunikan harus datang khusus ke tempat tertentu untuk menyaksikannya.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: